AACR (Anglo American Cataloging Rules) dan Sejarahnya

Belajar sejarah AACR berarti belajar sejarah pengatalogan. Pengatalogan atau cataloguing pada awalnya belum menggunakan AACR seperti sekarang. Pengatalogan belum terseragamkan secara internasional. Masing-masing pihak masih melakukan pengatalogan dengan caranya masing-masing. Berikut penjelasan secara singkat sejaran dari AACR:

A.    British Museum Rules

Kode pertama katalogisasi berbahasa Inggris. Bahasa itu dikembangkan oleh Sir Anthony Panizzi untuk katalog British Museum Rules. Aturan Panizzi itu telah disetujui oleh British Museum pada 1839, dan diterbitkan pada tahun 1841.The British Museum Rules direvisi sampai tahun 1936. Departemen Perpustakaan British Museum menjadi bagian dari British Library baru pada tahun 1973.

B.     Cutter’s Rules for a Dictionary Catalog

Edisi  pertama aturan  Charles  Ammi  Cutter  “Rules  for  a  Dictionary  Catalog” diterbitkan pada ahun 1876. Cutter menetapkan prinsip-prinsip pertama katalog, dan termasuk pernyataan tujuan dari katalog. Bentukan Cutter ini mengemukakan peraturan katalog sistem leksikal (dictionary catalogue) yaitu katalog pengarang, judul dan subjek buku disatukan dalam satu jajaran.

C.    Perkembangan  di Amerika Serikat

The American  Library  Association  (ALA)  membuat aturan katalogisasi  “Condensed  Rules for an Author & Title Catalog)” yang pertama kali diterbitkan dalam Library Journal pada tahun 1883. Pada tahun  1900 diangkatlah  ALA komite  yang  dipimpin oleh  J.C.M.  Hanson dari Library  of  Congress  untuk  merevisi  peraturan tersebut.  Dari kesepakatan  peraturan  ALA dan aturan  Library of  Congress. Pada tahun 1902 diproduksilah edisi revisi aturan  ALA oleh  Libray of Congress. Hal ini dilakukan dilakukan untuk mewujudkan keseragaman antara aturan ALA dan edisi keempat aturan Cutter (diterbitkan pada tahun 1904).

D.    Perkembangan di Inggris

Pada tahun 1893 diterbitkan “Cataloguing Rules” dari Library Association (LA) dari Inggris. Pada  tahun  1902 dibentuk komite untuk merevisi peraturan ini, dan dalam pekerjaannya mengarah pada aturan  British Museum,  dan edisi  revisi aturan ALA. Sebuah draft berisi revisi peraturan LA dibicarakan pada pertemuan 1904 oleh Library Association.

E.     Kerjasama

Sehubungan dengan pekerjaan yang sama antara ALA dan LA, Melvil Dewey mengusulkan bahwa harus ada kerjasama untuk menghasilkan kode Anglo-Amerika.  ALA dan LA secara resmi setuju untuk bekerja sama tahun 1904. Kode katalogisasi internasional pertama diterbitkan pada tahun 1908 dalam edisi Amerika dan edisi British. Kedua edisi  berisi  174 peraturan tentang penulis dan judul, dan deskripsi.

F.     CODES ALA

  1. Edisi 1941 : Pada tahun 1930-an ALA dan LA membahas  revisi  aturan pada tahun 1908. Kedua   badan bekerja sama sampai tahun 1939. Edisi kedua dari edisi  tahun 1908 ini diterbitkan  oleh  ALA  pada tahun 1941, dan berisi  324 peraturan  dalam  dua bagian:  Bagian  I,  Entry dan  Pos; Bagian  II,  Deskripsi buku,  serta  berbagai lampiran.
  2. Edisi 1949
  3. Edisi 1941  dikritik karena  terlalu  rinci dan  kompleks,  dan pada tahun 1949 “ALA CODES” diumumkan

G.     AACR (Anglo-American Cataloguing Rules)

  1. AACR1  1967: Pada tahun 1951, American Library Association (ALA) mengundang Seymour Lubetzky seorang konsultan di Library of Congres untuk dimintai kesediaannya membuat analisis secara umum dalam rangka merevisi ALA CODES yang telah dibuat 1949. Pada tahun 1953 laporan Lubetzky’s (Cataloging Rules and Principles) diterbitkan. Tahun  1956 diangkatlah  Lubetzky  sebagai editor revisi CODES. Dan pada tahun 1960 draf Peraturan Kode Pengkatalogan hasil revisinya diterbitkan dan kemudian dimulailah kerjasama AS dengan Inggris dalam pembuatan aturan katalogisasi. Akhirnya sebagai cikal bakal pembuatan AACR, pada tahun 1961 diadakan Konferensi Internasional (The  International  Conference  on  Cataloguing  Principles) tentang dasar-dasar katalogisasi yang diadakan di Paris. Pada 1962, C. Summer Spalding sempat menjabat manjadi editor baru CODES. Hasilnya  adalah   pernyataan  dari   12  prinsip   yang  dikenal   sebagai Prinsip Paris (Paris Principles). Pada tahun 1967 terbit sebuah pedoman yang berjudul Anglo American Cataloging Rules yang dikenal dengan sebutan AACR 1. Prinsip umum peraturan tersebut didasarkan atas “Statement of Principles” yang disetujui oleh 53 Negara pada International Conference on Cataloging Principles di Paris.
  2. AACR2: Sebagai tindak lanjut ke arah Penyeragaman peraturan pengatalogan, pada tahun 1988 terbitlah Anglo-American Cataloguing Rules edisi 2 yang merupakan revisi dari AACR 1 sebagai hasil kerjasama antara American Library Association, Library Association (Inggris), Library of Congress, dan Canadian Library Association. Editornya adalah Michael Gorman, seorang pustakawan kelahiran Inggris yang tinggal di daerah Chicago dan dihormati baik oleh ALA. Standardisasi katalog dan indeks sangat diperlukan, sehingga ada standar yang mengatur tentang katalog dan indeks, tujuannya agar tidak timbul berbagai macam versi katalog sehingga dibuatlah standar katalog yang tetap. Di dunia internasional peraturan yang banyak dipakai dalam standarisasi katalog misalnya AACR2 ini. AACR2 ada di beberapa versi cetak, serta versi online. Gorman memiliki beberapa revisi AACR2 termasuk edisi ringkas. Versi Cetak tersedia dari penerbit. Versi online tersedia hanya melalui Cataloger Desktop dari Library of Congress.

Referensi:
http://www.scribd.com


2 thoughts on “AACR (Anglo American Cataloging Rules) dan Sejarahnya

  1. yap. benar sekali kiki. Seriring dengan perkemangan teknologi informasi dan multimedia, perbedaan jenis pustaka semakin kabur. Banyak terminologi di dalam AACR yang masih merefleksikan masa dimana AACR lahir yaitu di era katalog kartu seperti “heading”, “main entry”, “added entry” yang tidak relevan di dunia digital.

    RDA sendiri sudah diterapkan mulai tahun 2010 oleh perpustakaan di AS, Kanada, Inggris, Selandia Baru, Australia😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s