Laporan Implementasi SLiMs

LAPORAN IMPLEMENTASI APLIKASI SLiMs di Perpustakaan SD/ SMP Islam Fitrah Al Fikri Depok

A. PENDAHULUAN
Turban dalam buku Introduction to Information and Technology menjelaskan bahwa Teknologi Informasi (TI) secara umum adalah kumpulan sumber daya informasi perusahaan, para penggunanya, serta manajemen yang menjalankannya; meliputi infrastruktur TI dan semua sistem informasi lainnya dalam perusahaan. Pada akhir-akhir ini kita sering menjumpai istilah teknologi informasi, baik dalam media grafis maupun media elektronis. Teknologi informasi telah merambah hampir semua bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial, hukum, dan bidang ekonomi pun sudah banyak berbasiskan TI. Lalu pertanyaannya, bagaimana dengan perpustakaan? Perpustakaan sebagai layanan penyedia informasi, tak ketinggalan dalam mamanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi saat ini. TI memungkinkan pengguna memperoleh data dengan cepat dan tepat, efektif dan efisien. Implementasi teknologi informasi pada perpustakaan meliputi penerapan aplikasi atau perangkat keras dan perangkat lunak dalam mengerjakan aktivitas perpustakaan sehari-hari, mulai dari proses pengadaan, peminjaman, pengelolaan sampai dengan proses pelestarian koleksinya menggunakan teknologi informasi. Pada pembahasan kali ini, akan dibahas tentang penggunaan aplikasi SLiMS (Senayan Library Automation System) atau Senayan sebagai aplikasi Open Source yang tidak berbayar namun belum yang menerapkan apliaksi ini sebagai sarana database perpustakaan, terlebih pada institusi pendidikan seperti sekolah belum banyak yang menggunakan aplikasi ini. Menyesuaikan dengan Tugas Mata Kuliah ATPI (Aplikasi Teknologi Pengeloaan Informasi), maka kami melakukan kegiatan Implementasi Aplikasi SLiMS pada SD/SMP Islam Fitrah Al Fikri Depok.

B.   TUJUAN KEGIATAN

Adapun  tujuan dari kegiatan ini yaitu:

  1. Mengenalkan aplikasi SLiMS pada perpustakaan sekolah
  2. Mempercepat temu kembali informasi pada perpustakaan sekolah
  3. Meningkatkan kemampuan pustakawan sekolah dalam menggunakan aplikasi teknologi informasi
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat dari ilmu yang kami peroleh dari program studi Ilmu Perpustakaan
  5. Melengkapi tugas akhir Mata Kuliah Aplikasi Teknologi Pengelolaan Informasi

C.   SASARAN KEGIATAN

Sasaran dari kegiatan Implementasi Aplikasi SLiMS ini yaitu SD/SMP Islam Fitrah Al Fikri Depok. Ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan dipilihnya sekolah ini sebagai sasaran kami yaitu:

  1. Lokasi yang mudah dijangkau, sekitar 20 menit dari wilayah UI
  2. Sesuai dengan kriteria penugasan yaitu, sekolah setingkat SMP atau SMA
  3. Terdapatnya sarana pokok instalasi SLiMS yaitu komputer
  4. Belum terpasangnya aplikasi SLiMS pada sekolah tersebut

D.   PELAKSANA

  1. Achmad Suryadi (1006774915)
  2. Ray Amirul Mukminin (1006707753)
  3. Apriliando Adhi Rinaldy (1006707381)

E.   WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu minggu yaitu mulai dari proses survei hingga proses instalasi SLiMS, yaitu yang terlaksana pada:

  • Hari dan Tanggal:
    Rabu, 11 Januari 2012: Pembuatan Surat Izin dan Survei Lokasi
    Senin, 16 Januari 2012: Pelaksanaan Automasi Perpustakaan
  • Waktu
    Pukul 10.00-15.30 WIB
  • Tempat
    SD/SMP Islam Fitrah Al Fikri, yang beralamat di Jalan Raden Saleh Sukmajaya Depok

F.  DESKRIPSI KONDISI FISIK PERPUSTAKAAN

  1. Ukuran Ruang:
    Ukuran ruangan tempat kami melakukan implementasi SLiMS yaitu sekitar 8 X 6 meter, dengan posisi ruangan berada tepat setelah pintu masuk sekolah
  2. Meja Kerja
    Ruangan juga dilengkapi  dengan meja kerja sejumlah 1 buah
  3. Meja Baca
    Meja Baca ada 4 buah
  4. Kursi
    Kursi terdapat 2 buah
  5. Rak Buku
    Rak buku terpasang 3 buah tersusun secara vertical dari sudut pintu hingga bagian tengah ruangan
  6. Katalog
    Baru tersedia katalog kartu yang terletak di atas meja kerja pustakawan
  7. Komputer
    1 unit komputer terdapat di meja kerja pustakawan
    PrinterPerpustakaan juga dilengkapi 1 unit printer yang difungsikan untuk cetak katalog baru
  8. Alat Kerja
    Alat kerja tambahan lainnya yaitu alat tulis pustakawan seperti pensil, pulpen dan ditambah 3 buah fillling cabinet untuk menyimpan file
  9. Jumlah Koleksi
    Untuk perpustakaan SMP terdiri dari sekitar 1.300 koleksi sedangkan perpustakaan SD berjumlah sekitar 9.998 buah koleksi
  10. Jenis Koleksi
    Koleksi pada perpustakaan ini terdiri dari Buku Referensi dan Koleksi Umum. Buku referensi yang tersedia antara lain Atlas, Direktori, Kamus, Almanak, Buku Tahunan, Ensiklopedia, Buku Kurikulum. Sedangkan koleksi umumnya terdiri atas Fiksi Indonesia seperti novel dan dongeng, Fiksi Inggris, Fiksi Perancis, dan Buku Pelajaran.
  11. Sumber Daya Manusia
    Dalam kesehariannya, perpustakaan ini  dikelola oleh dua orang pustakawan yang masing-masing mengelola perpustakaan tingkat SMP dan SD. Latar belakang pendidikan dari pustakawan disini sayangnya tidak di kelola oleh orang yang berasal dari disiplin ilmu perpustakaan, namun berasal dari disiplin ilmu ekonomi. Hal ini cukup mempengaruhi cara pengelolaan perpustakaan.
  12. Alat-alat tambahan
    Alat-alat tambahan juga tersedia, semisal TV dan CD Player untuk memainkan file berbentuk rekaman suara atau video. Namun sayangnya, koleksi semacam ini tidak terdapat diperpustakaan karena sekolah ini disetiap kelasnya sudah dilengkapi dengan alat pemutar video sendiri yaitu OHP (Overhead Projector). Selain itu, perpustakaan di sekolah ini juga dilengkapi dengan peralatan tambahan seperti White Board sebagai tempat untuk menulis pengumuman. Beberapa informasi tambahan seperti grafik pengunjung, Visi Misi Perpustakaan, hingga struktur organisasi perpustakaan juga terlihat tertempel di dinding-dinding perpustakaan.Selain menggali informasi tentang kondisi fisik perpustakaan kami juga bertanya informasi penting lainnya. Perlu diketahui bahwa jam operasional perpustakaan ini yaitu dari jam 08.00 sampai dengan jam 15.30 sore. Hal ini disesuaikan dengan jam pelajaran sekolah. Penggunanya sendiri disini terdiri dari tiga tipe yaitu Siswa, Guru, dan Karyawan. Antusiasme mereka cukup tinggi terbukti dari grafik yang terus meningkat dari tahun ke tahun tentang jumlah pengguna perpustakaan ini. Secara umum tata letak koleksi pun sudah diatur sesuai dengan subjeknya, seperti Fiksi Indonesia, Referensi, Fiksi Inggris, Geografi, Sejarah, dan lain-lainnya. Akuisisi/pengadaan koleksi di sekolah ini, berasal dari beberapa sumber yaitu berasal dari sumbangan Siswa Al Fikri setiap tahunnya berkisar antara 50 hingga 100 eksemplar buku. Anggaran dari sekolah pun sudah ada untuk pengadaan koleksi ini, namun perhitungannya ada pada wakil kepala sekolah sehingga pustakawan hanya mengatahui jumlah sumbangan bukunya saja yang berkisar antara 25 hingga 50 eksemplar buku setiap tahunnya.

Selain itu, penambahan koleksi juga dibantu oleh sumbangan dari sponsor seperti penerbit dan bank. Jumlahnya sekitar 30an buku pertahunnya. Untuk menjaga ketertiban pengembalian buku, perpustakaan Al Fikri memberikan denda sebesar Rp. 500,00 bagi setiap buku per harinya jika terjadi keterlambatan pengembalian buku. Namun, jilakau terjadi kehilangan buku, maka pemustaka mesti menggantinya dengan judul yang sama atau subyek yang sama pula dengan yang hilang tadi.

Untuk semakin menambah pengetahuan pustakawan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, perpustakaan Al Fikri juga melanggan dua koran sekaligus yaitu Harian Republika dan Kompas.

G.  ANALISIS KEBUTUHAN PERPUSTAKAAN TERHADAP IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI

  1. Melakukan implementasi perpustakaan di sekolah Al Fikri ini dirasa merupakan sebuah langkah yang sangat tepat. Menurut analisisnkami, hal itu didasarkan pada hal berikut:
  2. Kurikulum sekolah yang menggunakan sarana belajar seperti OHP merupakan indikator bahwa sekolah sudah melaksanakan pembelajaran berbasis IT
  3. Siswa SMP mayoritas menggunakan alat bantu seperti laptop sehingga siswa sudah sangat familiar menggunakan perangkat lunak komputer
  4. Jumlah koleksi yang sudah cukup banyak, yaitu mencapai 9000an koleksi akan sangat efektif jikalau media temu baliknya menggunakan Teknologi Informasi
  5. Jumlah siswa yang cukup banyak, semakin mendukung pentingnya teknologi informasi supaya siswa dapat mengakses katalog dari manapun dan kapanpun mereka mau


H.  KEGIATAN YANG DILAKUKAN DI SEKOLAH

       Adapun selama kami berada di sekolah, kegiatan yang kami lakukana yaitu:

  1. Presentasi singkat dan mendasar terkait apa itu SLiMS, manfaatnya dan cara penggunaannya
  2. Instalasi aplikasi SLiMS pada komputer pustakawan
  3. Memberikan demo singkat cara-cara penggunaan menu-menu pada aplikasi SLiMS
  4. Melakukan wawancara kepada dua pustakawan sekolah dan menggali informasi sebanyak-banyaknya
  5. Memberikan modul penggunaan aplikasi SLiMS yang sudah kami download dalam bentuk softcopy, sehingga pustakawan dapat belajar sendiri dari modul itu saat kami sudah kembali ke kampus

I.  RENCANA PERPUSTAKAAAN KE DEPAN

Mengingat semakin majunya perkembangan zaman, perpustakaan Al Fikri telah membuat rencana untuk kedepannya, diantaranya yaitu:

  • Menambah jumlah koleksi, karena hingga saat  ini batas peminjaman koleksi bagi pengguna hanya satu buku, terkendala koleksi buku yang belum sebanding dengan jumlah pengguna (guru, siswa, karyawan)
  • Menambah luas ruangan perpustakaan, keterbatasan tempat menyebabkan penempatan rak yang sangat mepet dengan pintu masuk sehingga mengurangi kenyamanan pengguna. Ke depan, luas perpustakaan direncanakan akan ditambah.
  • Melengkapinya dengan ruang diskusi siswa, supaya kegiatan belajar tidak hanya di dalam kelas saja, diperpustakaan pun bisa menjadi pilihan sekaligus sarana promosi perpustakaan.
  • Menambah unit komputer sebagai OPAC
  • Tersedianya wi-fi di perpustakaan saat ini, sayang rasanya jika tak dimanfaatkan. Untuk itu perlu ditambah komputer untuk mengakses katalog online.
  • Merambah pada jenis koleksi yang berbentuk digital

Dalam jangka panjang, direncanakan perpustakaan Al Fikri dilengkapi dengan koleksi digital seperti ebooks dsb. guna semakin menambah minat siswa dalam membaca di perpustakaan.

J.    DOKUMENTASI KEGIATAN (Terlampir)

K.   PENUTUP
     Demikianlah laporan kegiatan Automasi Perpustakaan ini kami sampaikan. Kami segenap anggota kelompok memohon maaf apabila dalam rajutan kerjasama ini terselip ha-hal yang kurang berkenan. Terima kasih yang tiada henti kami sampaikan kepada SD/SMP Al Fikri yang telah mendukung dengan mensponsori acara ini. Semoga kerja sama ini dapat senantiasa terjaga dan terjalin lebih baik lagi di masa depan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s