Yang Terdekat & Yang Terjauh dari ku

Jika pada saat ini seseorang menghampiri kita , lalu bertanya “Apakah yang paling dekat dari kita? dan.. apa pula yang paling jauh dari kita?

Jawabannya dapat sangat beragam, bisa berupa materi ataupun seseorang istimewa dalam kehidupan. Sadarkah kita sejatinya.. yang paling dekat dengan diri kita adalah kematian, dan yang paling jauh dari kita tiada lain adalah waktu yang telah berlalu, walaupun hanya sedetik”. Cobalah renungkan..

Betapa dekat kematian dengan jiwa seorang manusia. Tiada satupun makhluk yang tahu kapan ajal akan menjemputnya. Bisa saja hari ini, besok, atau mungkin lusa nanti. Berbahagialah bagi seorang muslim yang ketika malaikat Izrail menjemput, diri dan jiwanya dalam keadaan yang baik, khusnul khotimah. Kematian dan waktu yang telah lalu memiliki korelasi yang sangat dekat. Eropa, Afrika, Kutub Utara tentu tak ada yang mengatakan bahwa kesemua tempat itu dekat, semua itu jauh. Namun, sadarkah kita bahwa yang terjauh dari kita tiada lain adalah waktu yang telah berlalu. Bagaimana pun , waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali dan tidak ada satu alatpun di dunia ini yang dapat menjangkaunya.

Wahai diri yang lemah..
Wahai diri yang kadang lupa akan nikmat sehat dan waktu luang..
Siapkah engkau jikalau nanti Allah bertanya bagaimana engkau menghabiskan waktu yang Alalh beri padamu didunia yang hanya sementara ini?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s