Contoh Proposal Sponsorship, Need It?

Pernah jadi panitia event di sekolah, di kampus, atau di lingkungan RT/ RW kamu?
Kalau dari pengalaman saya sih, pernah ataupun belum, kamu pasti bakal berhadapan juga sama yang namanya urusan bikin proposal kegiatan. ya kan..

Perlu kamu tahu dulu nih proposal ini ibarat kunci, fungsinya untuk megetuk dan membuka hati — cielah— calon sponsor supaya menginfakan sebanyak-banyaknya rezeki mereka buat event yang mau kita buat. Memang ya, event itu hubungannya sama duit alias pendanaan. Lancarnya pelaksanaan suatu event perlu didukung dana yang cukup, apalagi kalau eventnya gede-gedean. Tapi sayangnya, seringkali dana yang kita dapat dari peserta –sebagai salah satu sumber duit kita- nggak mencukupi kebutuhanapalagi kalau event kita ini sifatnya charity, otomatis sponsorlah yang harus dicari.

Kalau udah begini, yang mesti siap tempur adalah tim sponsorship.

Di tulisan saya sebelumnya Seni Berburu Sponsor, saya share bahwa amunisi pertama bagi tim sponsporship yaitu proposal. Proposal yang baik, didukung oleh isi yang padat, jelas, dan tentunya memiliki keunikan — terutama dari segi desain ya–. Maklum, ketika masuk ke dalam perusahaan atau instansi calon sponsor, proposal kita akan bersaing dengan puluhan bahkan mungkin ratusan proposal event lainnya. Desain yang unik akan jadi pembeda proposal kita dengan proposal yang lain. Saya pernah menemukan proposal dengan bentuk yang bisa dibilang aneh bin unik, ada yang bentuknya menyerupai perahu, kalender, gunung berapi, wah macem-macem deh.

Berikut ini saya coba share beberapa contoh proposal kegiatan dari kepanitiaan yang pernah saya ikuti. Kedua-duanya ini event yang saya buat bersama teman-teman dari Beastudi Etos – Dompet Dhuafa. Kita para penerima beasiswa ini –sebutannya etoser– setiap tahunnya rutin membuat kegiatan yang tujuannya bisa menambah kemanfaatan diri kita buat masyarakat. Dan saya, langganan nangkring  di tim sponsorship. Insyaallah, untuk tujuan yang baik, tidak apa-apa untuk di share.

  1. Proposal FAS 2011 – Etos Jakarta
    FAS ini kependekan dari Festival Anak Sholeh, kegiatan perlombaan untuk anahk-anak usia SD – SMP. Perlombaanya ini cukup beragam, mulai dari mewarnai, adzan, hafalan Qur’an, pildacil (ceramah), cerdas cermat, peragaan busana muslim, dan lain-lain. Alhamdulillah berkat dukungan sponsor event berjalan sukses.
  2. Proposal TOENAS 2012
    Sama halnya kaya FAS, event ini juga bertujuan amal. Berangkat dari banyaknya masyarakat kita yang ingin melanjutkan kuliah, tapi enggak mampu secara ekonomi maka kita berinisiatif membantu mereka dengan create sebuah acara bertajuk TOENAS (Try Out Etos Nasional) yaitu acara Try Out yang diselenggarain serempak di 11 kota besar di Indonesia. Event  ini juga alhamdulillah berjalan lancar, dan kita berhasil memberikan beasiswa tiket SNPMTN Gratis bagi peserta yang beruntung dan dari kalangan keluarga tidak mampu, plus memberikan mereka informasi beragam beasiswa yang bisa mereka raih ketika di kampus.

Yap, itulah beberapa proposal event yang pernah saya ikuti. Saya share seperti ini karena saya tahu betapa sulitnya nyari contoh proposal yang yaa bisa dibilang sesuai harapan. Alhasil, tulisan ini jadi salah satu yang terpopuler di blog saya ini, hehe.. Semoga bermanfaat ya, gunain isinya secara bijak, dan silahkan share/ comment disini kalau-kalau ada pertanyaan seputar sponsorship. Good luck!🙂


One thought on “Contoh Proposal Sponsorship, Need It?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s