Bidikan Allah tuk Bidik Misi

This is my true strory..

If there is a will, there is a way..

Rencana Allah itu memang ngga ada yang tahu. Maunya A di kasih B, maunya B dikasih C. Malah kadang maunya A dikasihnya lebih, dikasih A sama B. “Fabiayyi aalaa irobbikuma tukadzibaan.. “. Begitu Allah firmankan di dalam Al Qur’an.

Bidik Misi. Iya.. ini kisah seseorang yang pernah mimpi dapat beasiswa bidik misi. 2010. Lewat satu acara di tivi On*, pak Bambang Sudibyo (Menteri Pendidikan kala itu) memaparkan program beasiswa bagi anak SMA yang mau kuliah gratis sampe lulus, Bidik Misi namanya.

Tapi sayang, pak Bambang bilang Bidik Misi ini hanya buat anak yang baru lulus SMA, bukan buat anak yang satu tahun udah nunda kuliah setelah lulus SMA. Sebagai anak lulusan 2009, jelas ngga masuk kriteria.

Menjawab rasa penasaran, diteleponlah nomor layanan beasiswa itu. Pulsa udah siap. Kata-kata juga udah mantap. Tinggal action.

Pas di telepon, sesuai dugaan, jawaban mba’nya di telepon Bidik Misi hanya tuk siswa yang baru lulus. Hmm.. harapan buat dapat kuliah gratis pun hilang..

Singkat cerita, saya ikut tes masuk UI lewat jalur SNMPTN (skarang namanya SBMPTN). Alhamdulillah diterima di pilihan pertama: Ilmu Perpustakaan UI. Kenapa Ilmu Perpustakaan? Saya kayanya perlu tulisan tersendiri ya buat jawab ini, intinya sih ini salah satu jurusan yang masuk rekomendasi beasiswa, dan jurusan ini tuh gampang buat jadi PNS, haha😀

Perjuangan sesungguhnya baru dimulai. Saya termasuk anak yang telat daftar ulang, alhasil saya harus nempuh jalur lain, yaitu jalur setrikaan. Maksudnya? Iya jalur inilah yang bikin saya bolak-balik kaya setrikaan, buat ngurus daftar ulang yang terlambat, nyipain syarat-syarat BOPB dan lain-lain.

Tibalah waktunya menghadap bagian kemahasiswaaan. Saya mengisi berbagai macam form dan walhasil selesai dalam waktu 5 hari. BOPB turun, saya pun resmi jadi mahasiswa UI.

“Sur!, nama ente ada di daftar penerima bidik misi” .. Begitu kata seorang teman yang lagi browsing info-info maba di internet. “Hah? Serius” begitu kata saya. Tak percaya saya pun googling sendiri.

Dan… “jreeeeeng…” Ngga salah lagi, saya dapet Bidik Misi ^^. Form yang saya isi ketika ngurus BOPB dimana di pojok kanan atas bergambar orang pakai toga sambil pegang sertifikat itu ternyata logo Bidik Misi. Nih gambarnya..

26bidikmisiTerima Kasih ya Allah..

Saya bersyukur, rencanamu sangat indah😀

Ini semakin memperkuat keyakinan saya, bahwa kalau kita ada kemauan, pastilah disitu ada jalan. Allah menguji kita untuk mendapatkan sesuatu dengan cara-Nya sendiri. Yang terpenting adalah tetap berusaha, berdo’a, dan berpikir positif terhadap rahmat Allah. Yakinlah bahwa Dia akan memberikan yang terbaik untuk kita, bukan memberikan yang kita inginkan, tetapi memberikan yang kita butuhkan. Semoga menginspirasi ^^


Leave a Reply

