Sabar Saudara Kandung Kemenangan

Tulisan ini saya kutip dari sebuah akun Line @TeladanRasul. Sebuah tulisan yang sangat menggugah yang mengetuk kembali hati dan diri ini bahwa indahnya jikalau kesabaran senantiasa kita tempatkan sebagai sebuah benteng dalam hidup kita..
Mudah-mudahan berbaginya saya tulisan ini juga dapat memberikan manfaat bagi siapapun yang membacanya.

Sabar merupakan sebuah kata yang ringan diucapkan, namun sangat bermakna dalam kehidupan. Dengannya perjalanan hidup seseorang akan selalu terbimbing di atas kebenaran. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Kesabaran itu adalah cahaya,” (HR. Muslim No. 223, dari sahabat Abu Malik al- Asyari radhiyallahu ‘anhu).

Adapun hakikat sabar itu sendiri adalah sebuah budi pekerti luhur yang dapat menahan seseorang dari perbuatan yang tidak baik. Sabar termasuk salah satu dari kekuata batin (psikis) yang dapat menstabilkan jiwa seseorang sehingga menjadi baik dan lurus. (Uddatush Shabirin, hlm. 11)

Al-Ima Ibnul Qayyim rahimahumallah berkata, “Sesungguhnya Allah menjadikan sabar sebagai kuda tunggangan yang tak kena lelah, pedang yang tak pernah tumpul, prajurit yang pantang menyerah, benteng kokoh yang tak bias dihancurkan dan ditembus. Sabar merupakan saudara kandung kemenangan. Dimana ada kesabaran disitu ada kemenangan.” (Uddatush Shabirin, hlm. 4)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s