Sebuah Catetan di 2015

Nggak terasa hari ganti minggu, minggu ganti bulan, sampe akhirnya bulan ganti tahun. Taon 2016 (aksen betawi) udah lewat beberapa hari, moga nggak terlambat buat saya mengabadikan dia, iya dia 2015. Tambah lagi gegara kepo blog salah seorang dia perempuan & bukan siapa-siapa, saya jadi semangat nulis lagi.

Mungkin sedikit yg tahu kalo saya pernah jadi bagian dari PPM SoM, ya sekolah Manajemen yg satu ini sempet jdi incaran saya. Lokasinya di Menteng, persis depan patung tugu tani, di tikungannya, googling aja kalo penasaran mah. Alhasil, beneran kesampean, sayangnya bukan berlabel sebagai mahasiswa kaya impian saya, apalagi dosen, da aku ma apa atuh..

Ya .. awal 2015 jdi awal saya ‘bantu-bantu’ di program Magister Manajemen Eksekutif (MME). Ini sebenernya sih sisa mimpi saya di 2014, abis lulus pingin nya sih kuliah lagi, jurusan kebisnisan. (salah2, nggak ada jurusan ini, pokoknya yg kaitannya sm bisnis & manajemen, hmm.. sungguh mimpi yg gak spesifik yak -_-).  Tapi, justru kesempatan utk kerja disana datang lebih dahulu ketimbang beasiswa PPM yg sy idamkan.. Maka berlabuhlah saya😀

Jobdesc saya adalah mengelola keperluan akademik program MM tapi buat kalangan Eksekutif, ciri khasnya mereka jd mahasiswa, S2, Manajemen, umurnya di atas 30, terus posisinya gak tanggung2 di perusahaan mereka bekerja, rerata manajer & direktur. Wow kan.. *iya mereka yg wow, da aku ma apa atuh..

Sayangnya nggak sampai berbilang tahun, sy disana sekitar 24 pekan, start akhir desember sampe awal Mei. *Ekslusif nih infonya hanya di tulisan ini haha*. Menyenangkan buat saya sebetulnya, tapi apalah daya terkadang kita harus mengambil sebuah pilihan terbaik utk hidup kita *bijak*. Paling berkesan buat saya pas sy mau perpisahan sama bapak & ibu mahasiswa, hiks banget.. *ambil tisu*

Ini beberapa potongan kenangan disana:

IMG-20150502-WA0001
foto kenangan MME 56 yg baik hati

 

IMG-20150502-WA0003
foto sm Bu Arias, spesial

 

Selain MME 56, ada MME 55 & 57, semuanya alhamdulillah baik *jujur* meski yaa sedikit kadang saya kerepotan.. hehe

MME 57 sempet bekelin saya souvenir yang ‘wow’ & paling pnting dapet wejangan dari pak Rimbun Situmorang, tentang arti hidup & perjuangan. Beliau sempet cerita sebelum jadi eksekutif kaya sekarang beliau kerja dari perusahaannya awal banget berdiri, sempet tinggal selangkah lagi jadi PNS, tpi malah ngikutin panggilan hatinya utk tetap mengabdi di perusahaan & akhirnya perusahaannya sukses sebagaimana suksesnya beliau sekarang. Nggak hanya itu, ini mungkin hadiah yg bisa dibilang termahal  dari segi nominal ya, jam tangan fossil. Hmm..  meskipun sebentar, buat saya membersamai para eksekutif dari dekat *dimana mereka tidak hanya dari bumn atau bums, tpi juga ada yg jadi manajer di perusahaannya sendiri* adalah pengalaman yg luar biasa.

Satu lagi paling berkesan adalah ketemu temen2 baru di Akademik PPM & of course tentu saja ketemu bu Ningky yg asik, seru, baik hati, & bikin sy utopis, berharap kalau beliau masih seumuran saya #lho😀

Inilah sekaligus menjadi masa-masa awal jadi amfibi *bukan kodok ya* hidup di 2 alam, usaha sewa tetap berjalan sembari nyambi jd ‘orang kantoran’.

Pertengahan tahun 2015, saya kembali ke habitat lama sy, ‘mengajar’. Hingga saat ini saya pun masih mengajar. Sambil tetap berjalannya usaha sewa sy yg masih & terus struggling saya memilih mengajar. “Kok anak JIP malah ngajar sih bukan seharusnya kerja di perpustakaan, arsip, atau yg sejalur lah?”. Hmm.. jawaban sy hanya satu, terkadang hidup nggak semudah yg seharusnya kita. Jadi let it flow aja.. jangan lupa terus memperbaiki diri & berupaya sebaik-baiknya disertai doa.

To be honest, keinginan terbesar sy adalah bisa bermanfaat ilmu & kehadiran sy, dimanapun.

Lalu, Pertengahan tahun 2015 jg jdi titik bagi sy kenal sama namanya dunia ‘start up’. Start up sederhanya adalah usaha or bisnis berbasis teknologi. Sekarang ini, apalagi didukung perkembangan smartphone yg gile bener, start up & beragam aplikasi mulai dari transportasi kaya Gojek, Grabbike, terus online shop semodel lazada, elevenia, dll sampe marketplace kaya bukalapak & tokopedia booming banget. Minat sy sih sederhana, sy ingin memasukkan unsur teknologi ini ke usaha sewa saya & jadilah sy beserta kawan satu kamar sy & satu beasiswa dulunya merancang ide ini di pertengahan menjelang akhir 2015. Kita juga rutin nimba ilmu dari para pakar & praktisi dengan ikutan hadir di acara-acara start up, kaya foto yg satu ini di event Startup Lokal, Jakarta Digital Valley:

bersama CEO bukalapak.com, Ahmad Zaky
bersama CEO bukalapak.com, Ahmad Zaky

 

bersama Ryan Gondokusumo, CEO sribu.com & Halo Diana
bersama Ryan Gondokusumo, CEO sribu.com & Halo Diana

Dari sana kita terus charge semangat kita, sampe hari ini. Meskipun sayangnya jalan kita nggak semulus yang dikira.  Kawan sy memilih untuk kerja dulu & agaknya begitu pun sy. Sy masih rutin mengajar & siap untuk mengambil sebuah keputusan penting awal tahun ini. Sy nggak patah arang kok, cuma mungkin meniru sedikit bagaimana CEO Semerbak Coffee, Muadzin Jihad, yg pernah menjalankan bisnisnya di kala ia masih sibuk jadi pegawai, sy kira hal ini masih mungkin dilakukan, asal kita mau bekerja lebih keras utk mengorbankan sedikit ‘waktu tidur’ & berdoa lebih banyak. Inysaallah.

Selain beberapa hal yg sy udah ceritain di atas, sy juga cukup senang karena tahun ini sy bisa menghadiahi adik saya laptop *yeee😀 supaya dia lebih rajin lagi sekolahnya & berharap tahun ini dia bisa kuliah juga *dgn beasiswa semoga*

Dan..
Awal 2016 ini, saya punya harapan di usia yang menjelang seperti judul album terbarunya Adele (silahkan tebak), semoga tahun ini sy dari segi dompet bisa lebih mandiri, adik-adik sy bisa sy bantu kuliah & sekolahnya, usaha sy omzetnya naik, kerjaan lancar, juga pastinya lebih baik dari tahun 2015, sehingga akhir tahun ini sy bisa.. *titik2* (isi dgn harapan yg baik, hehe)
Aamiin..


Leave a Reply

