Tentang Buku, Jarvis & Resolusi Mark Zuckenbcerg

Tahun baru, semangat baru, resolusi baru.

Sebetulnya saya bukan tipikal orang yg senang dengan tahun baru & segala ritualnya, termasuk bikin-bikin ‘resolusi’.

Tapi, seolah udah jadi kebiasaan khalayak *cieelah* ganti tahun pasti rame-rame bikin resolusi.  Supaya keliatan pinter sedikit, nih arti resolusi menurut KBBI online:

resolusi/re·so·lu·si/ /résolusi/ n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal:

Agak ribet ya, tapi intinya sih kita bikin resolusi sama aja kaya kita bikin tuntutan, target, keinginan yang pingin dicapai di suatu kurun waktu. Capek ga? tergantung. Kita bisa ngeliat nya dari dua sisi, bisa jadi penyemangat & sebaliknya, bisa juga jadi beban buat diri sendiri. Kok bisa? Iya, makanya kadang bikin resolusi juga ga sembarangan, ada ukurannya, ibarat lagi nyusun mimpi, mesti SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic, Timely). *ini sy inget entah dr motivator mana lupa*

Nah, gimana sih resolusi yg keren? Jujur ya, sy sendiri bukan termasuk yg jago & setiap bikin resolusi terus kesampean setiap tahun, maka dari itu sy nulis ini. *Zzzt.. rutin nulis di blog ini juga bagian dari resolusi sy lho, haha*. Ada yang cukup menarik kalo kita liat resolusi orang-orang hebat di dunia, salah satunya ini nih si Mark Zuckenberg.

Resolusi Mark, 2016
                                                   Resolusi Mark, 2016

Satu kata buat Mark, salut. 
Tahun 2016 ini dia menantang dirinya lebih jauh lagi, Mark pingin bikin  asisten digital pribadi berbasis Artificial Intelegence mirip Jarvis di film Iron Man. Kaya gini:

Wow kan😀
Hmm.. menarik memang ngikutin perkembangan selanjutnya dari si Jarvis ini. Bagi sy yg menarik justru gimana si Mark bisa konsisten sehingga dia mampu mewujudkan tantangan-tantangan yg dia buat sendiri. Impian soal Jarvis ini mungkin baru disusun dan belom terbukti jadi nggaknya.

Makanya, resolusi tahun sebelumnya di 2015 jadi bukti kalo si Mark emang tipikal ambisius & konkret.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook, mengaku berhasil menjalani resolusi tahun 2015 yang ditetapkannya sendiri. Ia melahap dua buku setiap bulannya, belajar bahasa Mandarin, dan berkenalan dengan satu orang baru setiap harinya. (via kompas.com)

See?
Justru resolusinya di 2015 nggak kalah menarik, kala itu dia bikin fanpages Year of Books untuk mewujudkan ambisinya untuk lebih sering membaca. Mark menantang dirinya sendiri untuk melahap dua buku setiap bulannya & pingin jago bahasa Mandarin, di tambah lagi dia mau kenalan satu orang baru yg enggak dikenalnya lewat facebook. *speechless, dia aja pingin ngamalin yg namanya berkah silaturahim, gimana kita yg muslim -_-

Pernah suatu ketika dia posting soal buku Muqaddimahnya Ibnu Khaldun, sampe2 beberapa orang di sekeliling sy yg punya langsung upload beberapa gambarnya ke instagram, & kita juga jadi malu sendiri sbg muslim sendiri belum pernah baca buku karya ilmuwan sekeren Ibnu Khaldun.

Mark emang deh kalo udah bikin resolusi, jadinya unik & viral, kaya yg sy kutip ini beberapa resolusi Mark yg pernah dia bikin:

2009: Bersumpah untuk tidak memakai dasi untuk bekerja setiap hari.
2010: Belajar bahasa China Mandarin.
2011: Bersumpah menjadi vegetarian atau hanya makan daging jika hewannya ia bunuh sendiri.
2012: Mengatakan akan berlatih coding setiap hari selama setahun.
2013: Bersumpah untuk berbicara langsung kepada satu orang setiap hari yang tidak dilakukan melalui Facebook.
2014: Bersumpah untuk menulis satu catatan terima kasih setiap hari. (via my sharing.co)

Gimana?
Makin semangat kan buat bikin & wujudin resolusinya? Ayok deh, sama-sama kita saling menyemangati, dan inget.. paling penting, resolusi kita punya manfaat bukan hanya buat diri kita ya, tapi lebih bagus buat orang banyak😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s